Persiapan Rumah Menghadapi Musim Hujan

Atap Rumah Terkena Hujan

Musim hujan merupakan siklus tahunan di Indonesia yang terjadi pada bulan Oktober hingga Desember. Saat intensitas hujan yang tinggi, maka perlu memastikan kesiapan rumah menghadapinya.

Berikut bagian-bagian rumah yang harus diperiksa agar tidak terkena dampak buruk, seperti air hujan masuk ke dalam rumah, genangan air atau banjir di sekitar rumah, dsb.

Pastikan Posisi Genting Rapat

Pastikan posisi genting rapat dan sesuai dengan jalurnya. Kondisi genting yang rapat mencegah air hujan masuk dan mengalirkannya ke jalur pembuangan air.

Perbaiki Talang Air Bocor

Talang air yang menggunakan karpet rawan kebocoran karena adanya karpet yang berlubang. Ganti karpet atau tambal jika terdapat lubang.

Pembuangan Air Tanpa Penyumbat

Perlu juga memastikan air yang turun dari atas dapat mengalir ke pembuangan air tanpa hambatan (tidak tersumbat) hingga ke selokan. Singkirkan pasir atau benda lain yang biasanya menjadi penyumbat.

Selokan Tanpa Endapan Sampah

Bersihkan selokan di sekitar rumah secara berkala. Pastikan tidak terdapat endapan lumpur dan sampah agar daya tampung air maksimal dan terhindar dari banjir.

Jaringan Listrik Tidak Konslet

Cek jaringan listrik, seperti kabel lampu di taman tidak ada yang terkelupas dan tertutup untuk menghindari konslet karena terkena air hujan.

Rapihkan Tanaman Rimbun

Musim hujan biasanya membuat tanaman yang rimbun menjadi sarang bagi nyamuk dan serangga lainnya. Selain itu, juga berisiko tumbang karena tidak kuat menahan empasan angin.

Sedia payung sebelum hujan! (arf)

Bagikan melalui