Oleh-oleh Islandia: Desain Rumah Minimalis Skandinavia

Tengah Kota Reykjavik

Rumah Skandinavia adalah desain rumah yang mengikuti gaya bangunan negara-negara di sebelah utara Eropa (Denmark, Finlandia, Swedia, Norwegia dan Islandia). Yakni gaya bangunan yang sederhana dengan warna soft dan cerah.

Bisa dikatakan Rumah Skandinavia merupakan salah satu desain (arsitektur) yang banyak digemari dan diterapkan pada rumah-rumah cluster baru di Indonesia. Adapun jika kita melihat sekilas Rumah Skandinavia memiliki desain yang hampir sama satu dengan lainnya.

Berikut oleh-oleh Islandia dari Bagos.id bagi pembaca yang akan menerapkan desain rumah minimalis Skandinavia secara umum atau mengacu desain rumah-rumah di tengah kota Reykjavík.

Rumah-rumah di tengah kota Reykjavík

Dominasi Jendela-jendela

Dominasi jendela-jendela hampir menyeluruh menghiasi bagian luar rumah. Sementara itu pintu masuk berada di sudut.

Atap Rumah Hadap Depan-Belakang

Rumah Skandinavia menggunakan atap rumah bentuk segitiga dengan permukaan polos. Dengan kecenderungan atap utama yang menghadap ke depan-belakang atau tidak menyamping. Selain itu beberapa rumah menggunakan atap kecil berjendela untuk pencahayaan di tengah-tengah atas yang menghadap ke samping atau berlawanan dengan atap utama. Dan juga pada atap ada terdapat cerobong asap.

Warna Soft dan Cerah

Karakter khas lainnya dari Rumah Skandinavia adalah penggunaan warna yang soft dan cerah, seperti warna putih, abu, coklat, dan merah muda.

Mengacu dari desain umum yang diuraikan diatas bahwa Rumah Skandinavia “enggak neko-neko” menampilkan rumah dengan bangunan yang minimalis, clearly dan stylish. (nov)

Bagikan melalui