Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Sehat

Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Sehat

Rumah bersih dan sehat memberikan rasa nyaman untuk ditempati dan mencegah penyakit. Agar rumah tetap bersih dan sehat diperlukan upaya-upaya yang harus dilakukan.

Berikut upaya-upaya dalam menjaganya:

1. Sirkulasi Udara Cukup

Rumah sehat diperlukan sirkulasi udara yang cukup. Berikan kecukupan ventilasi di dalam rumah dan terkena sinar matahari.

Diperlukan juga, hindari keberadaan perabot rumah yang memakan banyak space dari daya tampung rumah.

2. Melepas Alas Kaki di Luar Rumah

Alas kaki tidak dibawa masuk hingga ke dalam rumah. Langkah yang dilakukan adalah menaruh tempat penyimpanan alas kaki dekat pintu masuk.

Dengan begitu penghuni rumah telah meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam rumah. Selain itu kegiatan menyapu dan mengepel lantai di dalam rumah menjadi lebih ringan nantinya.

3. Lantai Rumah Bersih

Kegiatan menyapu dan mengepel lantai di dalam rumah menjadi prioritas utama terutama di area yang sering bersentuhan dengan penghuni.

4. Kamar Mandi Bersih dan Tidak Berbau

Pembersihan kamar mandi sebaiknya dilakukan tiap hari. Pastikan lantai dan dinding, dan tempat pembuangan selalu bersih dan tidak berbau.

Selain itu agar tidak berbau dapat juga meletakan wewangian di dalam kamar mandi dan memasang Hexos (penyedot udara ruangan).

5. Gunakan Jaring Nyamuk Ventilasi

Guna meminimalisir nyamuk, ataupun debu dapat gunakan Jaring Nyamuk Ventilasi terutama di bagian ruang yang langsung terhubung dengan luar.

6. Hindari Tumpukan Pakaian Kotor

Pakaian kotor jangan dibiarkan menjadi tumpukan karena dapat mengundang nyamuk dan bakteri. Alangkah baiknya pakaian kotor langsung dicuci atau dapat disimpan pada tempat khusus pakaian kotor.

7. Tidak Terdapat Genangan Air

Pastikan benda-benda yang jarang tersentuh atau tidak digunakan yang berada di dalam dan luar rumah tidak terdapat genangan air. Selain itu juga di sekitar tempat pencucian hindari genangan air kotor akan berbau tidak sedap.

8. Mencegah Debu Tebal

Untuk mencegah debu tebal pada perabot rumah tangga, seperti karpet dapat menggunakan vacuum cleaner dan jika diperlukan dapat menjemurnya di bawah terik sinar matahari. Khususnya karpet dan tempat tidur dibersihkan secara rutin untuk mencegah menumpuknya debu sesedikit mungkin.

9. Hadirkan Tanaman Penyerap Debu

Debu dan udara kotor yang berasal dari dalam rumah, seperti perabot rumah tangga dapat membersihkannya dengan menghadirkan tanaman hijau. Adapun jenis tanaman tersebut, antara lain Tanaman Laba-laba (Spider Plant), Tanaman Karet (Rubber Plant), Sri Rejeki, dll.

Tanaman-tanaman tersebut dapat membantu menghilangkan debu dan zat polutan kimia lainnya.

10. Tempat Sampah Cukup

Tempat sampah yang cukup perlu ada di tiap sudut dan jangan sampai sampah menumpuk. Selain itu perlu membedakan jenis sampah dan penempatannya, sampah kering letakkan di dalam rumah dan sampah basah di luar rumah.

11. Pastikan Hewan Peliharaan Sehat

Jika kita menyukai memelihara hewan peliharaan dan tinggal di dalam rumah, sebaiknya pastikan hewan yang berada di dalam rumah tidak berpenyakit dan selalu bersihkan hewan peliharaan selepas ke luar rumah. Dan alangkah baiknya berikan ruangan kecil khusus untuk hewan peliharaan atau dapat memberikan batasan akses masuk ke dalam area utama.

Jika upaya-upaya ini kita terapkan, penghuni rumah akan senantiasa sehat. (arf)

Bagikan melalui